Skip to content
Home » Cara Membuat Maket Dan Bahan Yang Digunakan

Cara Membuat Maket Dan Bahan Yang Digunakan

Kreativitas saat ini sangatlah diperhitungkan dalam dunia industri, hal ini dikarenakan selain memiliki kemampuan juga untuk mendukung tingkat kreativitas perlu memiliki imajinasi yang tinggi. Kreatifitas saat ini memiliki banyak jenis mulai dari menggambar, desain miniatur, hingga membuat maket.

Beberapa kreativitas yang digunakan bahkan dapat dijadikan sebagai furniture rumah yang memiliki nilai jual tinggi. Saat melakukan pemesanan custom furniture tentu sebelumnya anda akan melakukan desain terlebih dahulu dan dalam proses desain tersebut biasanya banyak yang memulai dari pembuatan miniatur atau maket agar lebih pasti mengenai bentuknya.

Apa itu Maket?

Secara umum maket merupakan benda tiruan dengan skala kecil dengan menggunakan berbagai macam bahan seperti karton jerami, styrofoam, dan masih banyak lagi. Berbagai macam dapat dibentuk dalam proses pembuatan maket yaitu mulai dari rumah, kendaraan transportasi, jembatan, menara, dan beberapa benda lainnya.

Maket Rumah, Sumber: Twitter/@lingkartama
Maket Rumah, Sumber: Twitter/@lingkartama

Dalam pembuatannya, maket memiliki beberapa fungsi diantaranya sebagai media visual desain, memberikan pengalaman visual yang lebih nyata, dan dapat mempresentasikan dengan mudah tanpa harus membuat versi aslinya lebih dahulu.

Bahan-bahan Membuat Maket

Dalam proses pembuatannya, anda perlu mengetahui bahan apa saja yang dapat digunakan dalam membuatan maket, adapun beberapa bahan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Membuat Maket dengan Bahan Kertas Birmet

Kertas birmet merupakan salah satu media pembuatan maket dengan daya serap yang sangat tinggi, oleh karena itu penggunaannya sering diterapkan pada pembentukan dinding.

2. Membuat Maket dengan Bahan Kayu Balsa

kayu balsa merupakan salah satu media pembuatan maket yang sering disebut sebagai kayu gabus, hal ini karena kayu balsa memiliki karakteristik yang empuk dan tidak terlalu keras.

3. Membuat Maket dengan Bahan Serbuk Rumput Tabor

Serbuk rumput tabur adalah rumput buatan yang terbuat dari sisa serbuk kayu. Cara memakainya cukup mudah, tinggal olesi lem pada media yang ingin diberi rumput tabur, lalu bubuhkan serbuk rumput di atasnya. Warnanya bervariasi, tidak hanya hijau, ada juga yang berwarna biru hingga abu-abu.

4. Membuat Maket dengan Bahan Rumput Sintetis

Rumput sintetis adalah merupakan salah satu pendukung pembuatan maket dimana salah satu fungsinya adalah untuk memberikan tampilan hijau pada pembuatan tanaman atau tumbuhan di maket.

5. Membuat Maket dengan Bahan PVC atau Papan Foam

Pvc adalah salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatan maket dimana bahan ini merupakan polimer yang menggunakan bahan baku minyak bumi terendah di antara polimer lainnya.

Maket Dengan Bahan Papan Foam, Sumber: kreativv.com
Maket Dengan Bahan Papan Foam, Sumber: kreativv.com

6. Membuat Maket dengan Bahan Blok Mini

Blok mini atau mini block digunakan sebagai lantai keramik maupun dinding. Bentuknya berupa lembaran art paper dengan ukuran 21× 30 cm.

Cara Membuat Maket

Dalam pembuatan maket ada beberapa cara atau tahap tahap yang perlu anda pahami, beberapa tahapan tersebut akan kami jelaskan sebagai berikut:

1. Melakukan Perancangan Desain Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah membuat rancangan desain dengan konsep seperti yang diinginkan. Dalam pembuatan ini ada berbagai macam opsi yaitu secara manual dengan sketsa melalui kertas atau secara cepat melalui bantuan komputer.

2. Mempersiapkan Bahan dan Alat yang Akan Digunakan

Selanjutnya yang anda perlu lakukan adalah menyiapkan atau menyediakan bahan bahan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan maket. Untuk bahan bahan tersebut banyak ditemukan di beberapa toko atau supermarket di dekat anda.

3. Membuat Denah Bangunan

Selanjutnya anda perlu melakukan pembuatan denah bangunan diatas PVC atau karton. Hal pertama yang dibuat adalah membuat pola secara akurat menggunakan penggaris kemudian lakukan perhitungan skalanya agar tidak terjadi kesalahan saat dibentuk menjadi 3 dimensi.

4. Membentuk Denah Menjadi Tampilan 3 Dimensi

Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah membentuk denah yang dibuat sebelumnya di atas permukaan PVC dan karton menjadi bentuk 3 dimensi. Anda dapat memulai dari pembuatan dinding, jendela, pintu, rerumputan atau pohon, dan pagar terlebih dahulu.

Maket Dengan Tampilan 3 Dimensi, Sumber: m.jualbuy.com
Maket Dengan Tampilan 3 Dimensi, Sumber: m.jualbuy.com

5. Lakukan Penyusunan dan Perakitan Maket

Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menyusun dan merakit make menjadi bentuk sempurna tanpa kurang sedikit pun. Tidak perlu terburu buru dalam membuatnya untuk memastikan kerapian dan kepresisiannya.

6. Pasanglah Pelindung Maket dari Kaca Agar Mudah Terlihat

Terakhir setelah pembuatan dan perakitan maket selesai, anda perlu memasang pelindung yang terbuat dari kaca, hal ini bertujuan selain dapat dengan mudah di lihat juga tidak akan mudah untuk disentuh hingga mengakibatkan kerusakan.

Jenis-jenis Maket

Sebenarnya dalam pembuatan maket, anda tidak perlu khawatir karena dapat menghubungi jasa interior Semarang dan sekitarnya untuk membuat desain seperti yang diinginkan namun kembali lagi anda juga perlu mengetahui jenis-jenis maket apa saja yang ada saat ini. Oleh karena itu berikut penjelasannya:

1. Kayu

Kayu merupakan salah satu jenis pembuatan maket yang sering digunakan bahkan dari zaman dahulu sebelum adanya plastic. Hal ini dilakukan selain mendapatkannya mudah juga memiliki harga yang sangat terjangkau.

Jenis Maket dari Kayu, Sumber: Twitter/@benedictus82
Jenis Maket dari Kayu, Sumber: Twitter/@benedictus82

2. Semen

Untuk benar-benar menyerupai bahan asli, kadang seorang pengrajin menggunakan semen dalam membuat pemodelan kecil. Umumnya ini dilakukan dalam pembuatan sebuah landscape atau untuk gedung bangunan tertentu.

3. Tanah Liat

Penggunaan tanah liat memerlukan sistem pengolahan yang lebih rumit. Namun hasilnya jauh lebih tahan lama dan kokoh bila dibandingkan dengan bubur kertas.

4. Plastic

Bahan plastik juga bisa digunakan untuk membuat pemodelan. Misalnya untuk membuat model mobil, pesawat, dan lainnya. Manufaktur-manufaktur otomotif tak jarang membuatnya untuk keperluan mereka sendiri atau untuk memperkenalkannya ke pasar.

5. Kertas

Beberapa diantara kita mungkin pernah disuruh membuat sebuah miniatur dari bubur kertas. Cara mengolahnya sangat sederhana. Kertas dileburkan untuk kemudian dibentuk dengan bantuan lem, dan di cat supaya terlihat indah.

Itulah beberapa penjelasan tentang maket beserta cara pembuatannya, semoga artikel ini dapat memberikan tambahan wawasan kepada anda yang membacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *