Skip to content
Home ยป Tanaman Air Untuk Cupang (Akuarium Cupang)

Tanaman Air Untuk Cupang (Akuarium Cupang)

Ikan Cupang adalah jenis ikan hias yang banyak digemari. Ikan ini sering dijumpai di akuarium rumahan dengan tanaman hias yang sembarang diletakkan. Dari banyaknya jenis tanaman hias, berikut adalah tanaman air untuk Cupang yang cocok dan tidak berbahaya.

Tanaman air merupakan jenis tanaman yang unik karena hidup dalam lingkungan perairan. Tanaman air juga dikenal dengan nama hidrofit. Tanaman air biasa dipakai untuk memperindah akuarium atau kolam ikan.

Jadi, keberadaan ikan sebagai hewan hias kini sudah tidak bisa dipisahkan dengan tanaman hias. Untuk Ikan Cupang sendiri, ternyata ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan jika hendak memberi tanaman hias ke dalam akuariumnya.

Selain kebutuhan makanan dan filter udara, Ikan Cupang juga memerlukan tanaman hias. Habitat alami dari Ikan Cupang adalah perairan dengan tanaman yang lebat. Tanaman tersebut menjadi rumah baginya. Cupang juga merasa lebih aman.

Sehingga, sebenarnya ketika Cupang ditaruh di akuarium kosongan, Cupang jadi mudah stres. Dan ini sejatinya juga terjadi pada jenis ikan hias lainnya.

Penggunaan tanaman hias untuk akuarium memang memiliki banyak kelebihan. Seperti yang sudah banyak diketahui, beberapa kelebihan tanaman hias untuk akuarium adalah menyerap kotoran, menjadi tempat tinggal ikan, dan memberikan kesan alami.

Tanaman air hias sendiri dibagi menjadi dua : tanaman hias alami dan tanaman hias palsu. Jika dilihat dari segi keindahan, keduanya sebenarnya sama baiknya untuk akuarium. Namun ada baiknya, dengan memperhatikan kesehatan dan kebaikan ikan, penggunaan tanaman air alami adalah yang terbaik.

Tanaman Air Untuk Cupang (Akuarium Cupang)
Ilustrasi Ikan Cupang dalam akuarium. Sumber : Istockphoto.com

Sebab penggunaan tanaman air hias palsu, apalagi yang plastik, biasanya memiliki tekstur yang tajam dan keras bagi ikan. Itu bisa saja akan melukai ikan. Tanaman air hias palsu juga tidak bisa menyerap karbon dioksida dan melepas oksigen untuk keberlangsan ikan.

5 Tanaman Air Untuk Cupang

Dari sekian banyak jenis ikan hias air tawar yang ada, Ikan Cupang memiliki pamor yang lebih tinggi ketimbang yang lainnya. Itulah kenapa informasi yang penting tentang bagaimana merawat Ikan Cupang yang benar perlu diketahui oleh para perawat Cupang.

Ikan Cupang tidak bisa menjadikan tanaman hias imitasi sebagai tempat tinggalnya. Ketika ia ditempatkan dalam satu akuarium dengan jenis ikan lain, tanaman hias imitasi juga tidak bisa memberikan keamanan karena justru tanaman itu juga bisa melukainya.

Maka, Ikan Cupang akan lebih menyukai tanaman hias alami yang hijau dalam akuariumnya. Ikan Cupang akan merasa sedang tinggal di habitat aslinya. Dan dengan sifat alami tumbuhan hidup yang membunuh bakteri dan kuman, Ikan Cupang terhindar dari perubahan warna (baik jadi putih / hitam).

1. Java Moss, Tanaman Air Untuk Cupang

Java Moss adalah tanaman hias sejenis lumut yang populer dipakai dalam akuarium. Java Moss juga tidak perlu ditanam, ia akan hidup menempel di batu, dekorasi akuarium, atau kayu. Tekstur dari Java Moss juga tergolong lebat namun tidak memakan banyak tempat.

Itu menjadi salah satu alasan kenapa Java Moss jadi tanaman air untuk Cupang yang cocok dan tidak berbahaya. Salah satu kelebihan dari tanaman hias satu ini adalah ia dapat bertahan hidup dalam cahaya redup dan cahaya tingkat tinggi.

2. Hornwort

Tanaman Air Untuk Cupang (Akuarium Cupang)
Ilustrasi Hornwort. Sumber : Istockphoto.com

Hornwort juga tanaman hias dari golongan lumut. Hornwort biasa dikenal dengan nama lumut tanduk. Ia membutuhkan sedikit perawatan lebih dibanding Java Moss. Anda bisa jumpai Hornwort di danau atau sumber air dengan tinggi mencapai 10 kaki.

Ukurannya memang bisa sebesar itu jika dibiarkan tumbuh. Namun dalam penggunaannya sebagai tanaman hias akuarium juga tidak begitu buruk dan menyusahkan. Intinya, jika berencana menaruh Hornwort, Anda perlu membuang daun bagian bawahnya. Jika tidak, media tanam akan lepas.

3. Java Fern

Tanaman air untuk Cupang yang satu ini biasa dikenal dengan Pakis Lidah Kolam. Selain ditaruh di akuarium, Java Fern sangat cocok ditaruh di kolam. Menanamnya juga mudah saja. Anda hanya memerlukan satu rimpang Java Fern untuk menanamnya dan membiarkannya berkembang.

Jika dibiarkan, Pakis Lidah Kolam bisa tumbuh setinggi 13 inci dan lebar 6-8 inci. Java Fern merupakan tanaman air yang tidak memerlukan cahaya. Bahkan baiknya Anda menaruh tanaman ini di cahaya redup akuarium atau tempat teduh di kolam. Java Fern jadi tips kolam di taman rumah agar indah.

4. Anacharis, Tanaman Air Untuk Cupang

Anacharis sebagai tanaman hias air
Ilustrasi Anacharis. Sumber : Istockphoto.com

Saat meletakkan Anacharis di dalam akuarium, Anda perlu menanamnya sedalam 2 inci. Setiap Anacharis satu dengan yang lain juga perlu di tanam dengan jarak sekitar 1 inci agar tidak berantakan dan justru memperburuk pemandangan.

Anacharis cocok untuk Ikan Cupang karena lebat dan cukup nyaman untuk ditinggali.

5. Wisteria Air

Water wisteria untuk tanaman hias akuarium
Ilustrasi wisteria air. Sumber : Istockphoto.com

Wisteria air merupakan tanaman air tawar asal India. Jika Wisteria banyak dikenal dengan warna ungunya, wisteria air ini memiliki warna hijau cerah dengan daun yang unik Daun Wisteria air dapat berubah bergantung pada suhu, kondisi air, serta cara penanamannya.

Wisteria juga bisa tumbuh dalam akuarium yang minim cahaya. Sangat cocok dengan Ikan Cupang yang tidak bisa terpapar cahaya secara terus menerus.

Sebenarnya Wisteria air sudah banyak digunakan untuk akuarium dan namanya juga sudah tidak asing di telinga pegiat ikan hias untuk ditaruh di dalam akuarium dengan kapasitas 30 hingga 50 liter. Sayangnya, tanaman ini biasanya dibiarkan tumbuh hingga ke permukaan.

Hal ini bisa terjadi karena ketidaktahuan orang yang menanam akan kecepatan tumbuh kembang Wisteria air serta bagaimana perawatannya yang benar. Wisteria air hendaknya dipangkas secara rutin. Penanamannya juga diberikan renggang pada tiap tumbuhan.

Itulah 5 tanaman air untuk Cupang yang memperindah akuarium Anda dan aman bagi ikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Silahkan kunjungi website kami untuk informasi menarik lainnya.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *