Skip to content
Home ยป Bangunan Lawang Sewu; Begini Sejarah & Keunikannya

Bangunan Lawang Sewu; Begini Sejarah & Keunikannya

Sejarah merupakan hal hal yang berhubungan dengan masa lalu dengan jalan ceritanya masing masing. Walaupun sejarah merupakan hal lampau akan tetapi akan terus dikenang apalagi pelaku sejarawan memiliki banyak cerita terkait hal-hal di Indonesia salah satunya bangunan lawang Sewu.

Bagi anda yang menyukai sejarah, tentu mengetahui salah satu tempat bersejarah seperti lawing sewu. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tempat tersebut yang sudah sangat terkenal bahkan dijadikan tempat wisata. Untuk itu untuk lebih mengetahui tentang tempat yang satu ini lihatlah penjelasan berkut.

Arti Kata Lawang Sewu

Jika di artikan ke bahasa Indonesia, lawang sewu artinya adalah banyak pintu Pemaknaan kata lawang sewu merupakan julukan dari kebanyakan masyarakat setempat kepada bangunan yang pernah menjadi kantor pusat kereta api. Masyarakat memberikan julukan ini tidak secara asal akan tetapi memiliki alasan tersendiri.

Lawang Sewu, Sumber: Google
Lawang Sewu, Sumber: Google

Alasan tersebut diperoleh dari Jumlah kaca besar yang digabungkan dengan pintu memiliki jumlah yang sangat banyak bahkan bisa mencapai ratusan dan hal ini yang memberikan ciri khas hingga dikenal dengan seribu pintu atau lawang sewu. Selain desain bangunanya yang unik, Lawang Sewu memiliki ornamen kaca patri pabrikan Johannes Laurens Schouten.

Sejarah Bangunan Lawang Sewu

Sejarah dari bangunan yang satu ini sangatlah banyak, demikian inilah yang menjadikannya tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Lalu apa sajakah sejarah dari bangunan ini, berikut penjelasan dari Semarang Creative:

1. Kantor Pusat Kereta Api Milik Belanda

Pertama kali didirikan yaitu tepatnya di tahun 1904 dan selesai di tahun 1907, tujuannya gedung ini didirikan adalah untuk menjadi tempat administrasi sekaligus kantor pusat dari kereta api swasta asal netherland. Adapun nama perusahaan ini pada saat itu adalah Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) dan dioperasikan oleh pemerintah belanda yang berkuasa di Indonesia.

2. Penjara Bagi Pembangkang

Selain menjadi tempat atau pusatnya kantor administrasi perusahaan kereta api, ternyata dikala itu Lawang sewu juga pernah dijadikan sebagai penjara yang lokasinya berada di bawah tanah. Dikabarkan metode penyiksaan yang dilakukan terbilang sangat kejam dan diperuntukkan bagi tahanan di masa penjajahan.

3. Saksi Bisu Pertempuran dan Perjuangan Bangsa

Di masa awal kemerdekaan Indonesia, tidak lantas membuat gedung ini jatuh ke tangan Indonesia. Lawang Sewu justru berubah menjadi medan pertempuran antara pemuda Angkatan Muda Kereta Api (AMKA) dengan tentara Kempetai yang dimulai dari tanggal 14 Oktober sampai 19 Oktober 1945.

Sejarah Lawang Sewu, Sumber: Google
Sejarah Lawang Sewu, Sumber: Google

4. Pernah Digunakan Sebagai Kantor Militer

Setelah merdeka dari Jepang dan Belanda, secara otomatis kantor administrasi kereta api ini jatuh ke tangan Indonesia. Oleh pemerintah, gedung ini kemudian difungsikan sebagai kantor PT.KAI atau Kereta Api Indonesia. Setelah digunakan oleh perusahaan kemudian kembali beralih fungsi menjadi kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer.

5. Pernah Dinobatkan Sebagai Tempat Paling Angker Di Asia

terakhir karena banyaknya kejadian dan sejarah kelam yang berkaitan erat dengan bangunan ini, membuatnya memiliki kesan angker tersendiri bagi masyarakat. Banyak rumor kengerian yang terdengar bahkan sempat dijuluki sebagai tempat paling angker se Asia.

Lokasi dan Biaya Masuk Bangunan Lawang Sewu

Saat mengunjungi kota semarang, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai tempat tempat yang biasa dijadikan tempat penginapan. Kalian tentu tahu saat mencari tempat seperti kos paviliun Semarang apalagi tempatnya berdekatan dengan tempat wisata memiliki biaya yang lumayan tinggi sehingga perlu adanya perencanaan yang matang terlebih dahulu.

Selanjutnya setelah menemukan tempat yang cocok untuk menginap, anda juga perlu mengetahui lokasi dan biaya masuk ke tempat wisata lawang sewu. Lalu bagaimanakah lokasi serta biaya masuknya, berikut penjelasannya.

Alamat lawang sewu sendiri berada di Jl. Pemuda, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah, sedangkan untuk tarif atau tiket masuknya berbeda beda untuk setiap wisatawan. Untuk wisatawan lokal tarif tiketnya mulai Rp 10.000 hingga Rp 20.000 sedangkan untuk wisatawan mancanegara memiliki tarif tiket sebesar Rp 30.000.

Ketika anda ingin pulang, jangan lupa untuk mampir ke toko aksesoris untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Ada banyak toko aksesoris rumah di Semarang yang bisa anda kunjungi.

Keunikan Bangunan Lawang Sewu

Berbicara tentang keunikan, bangunan lawang sewu tidak perlu diragukan lagi, banyak hal yang dari bagian bangunan ini yang menjadi daya Tarik. Lalu keunikan apa saja sih yang dimiliki bangunan yang satu ini, berikut penjelasannya:

1. Bangunan Seribu Pintu

Keunikan pertama dari bangunan lawang sewu adalah berkaitan dengan pintunya yang sangat banyak. Hal inilah yang menjadi titik keunikan yang bahkan awal mula penamaannya diambil.

Keunikan Bangunan Lawang Sewu, Sumber: Google
Keunikan Bangunan Lawang Sewu, Sumber: Google

2. Arsitek Museum Kereta Api

selanjutnya keunikan dari bangunan ini adalah arsitekturnya yang banyak dipadukan dengan stasiun kereta api. Kita tahu tempat ini pada awalnya menjadi base atau pusat dari perusahaan administrasi kereta api dan tentu saja saat dibangun perpaduan kantor dan lokomotif kereta.

3. Bangunan Bergaya Klasik

Keunikan selanjutnya adalah bangunan ini masih mempertahankan infrastruktur bergaya klasik, dimana sejak pembangunan awal hingga beralih fungsi menjadi base komando militer tidak banyak perubahan yang dilakukan bahkan sampai sekarang pun.

Hal istimewa lainnya dari museum yang satu ini adalah pembangunannya tidak menggunakan semen. Tempat tersebut dibuat dengan menggunakan pese atau blingor, sebutan untuk campuran dari kapur, pasir, dan juga batu bata merah. Hal ini membuat ruangan yang ada di sana terasa sejuk.

4. Banyak Sejarah dan Misterinya

Terakhir keunikan dari bangunan ini terletak pada kisah mistis yang ada didalamnya, hal ini sejalan dengan banyaknya sejarah yang dilalui bahkan sampai kejadian tersadis sekalipun pernah terjadi ditempat ini.

Itulah penjelasan lengkap berkaitan dengan tempat bersejarah lawang sewu, semoga informasi diatas sangat bermanfaat bagi anda yang membacanya. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *