Skip to content
Home ยป 5 Tips Desain Interior Toko Baju, Simpel Tetap Elegan

5 Tips Desain Interior Toko Baju, Simpel Tetap Elegan

Tren fashion saat ini membuat toko baju sebagai salah satu bisnis dengan prospek menjanjikan. Tidak heran mulai banyak toko baju yang baru bermunculan. Karena banyaknya toko baju saat ini, membuat toko baju perlu memiliki value yang tidak dimiliki toko lainnya. Bila Anda juga memiliki toko baju, maka pemilihan desain interior toko baju bisa membuat toko Anda berbeda dengan toko lainnya.

Tips Desain Interior Toko Baju

Bagi Anda yang memiliki toko baju, desain interior menjadi hal yang perlu Anda pelajari dengan seksama, melihat semakin banyaknya pesaing yang bergerak di bidang toko busana. Berikut akan kami bagikan tips desain interior toko baju, dijamin keren kekinian.

1. Tentukan Tema Ruangan

Yang perlu Anda lakukan pertama kali ialah menentukan tema ruangan yang hendak Anda gunakan. Ini merupakan langkah yang harus ditentukan terlebih dahulu diawal, karena nantinya langkah-langkah desain interior berikutnya sangat bergantung pada tema ini. Seperti memilih lemari pakaian, gantungan baju, dan lain sebagainya.

Anda bisa memilih tema yang Anda usung dengan menyesuaikan dengan barang-barang yang hendak Anda jual. Misalnya apabila toko ini menjual khusus baju olahraga maka tema ruangan bisa yang agak macho, keren, maskulin, sporty. Atau untuk pakaian khusus wanita maka tema yang diusung bisa glamour, elegan, minimalis, feminin dan sebagainya.

Menentukan tema ruangan menjadi hal pertama yang harus dilakukan. Sumber: unsplash.com. Desain Interior Toko Baju
Menentukan tema ruangan menjadi hal pertama yang harus dilakukan. Sumber: unsplash.com

Menentukan tema yang tepat adalah langkah awal menuju kesuksesan. Dengan tema toko yang sesuai, akan membuat pengunjung nyaman dan betah berlama-lama. Sehingga yang awalnya hanya ingin melihat-lihat tanpa ada niat membeli, namun karena nyaman dengan suasana toko akhirnya ikut membeli juga.

2. Sesuaikan Jenis dan Warna Pakaian

Setelah menentukan tema, Anda perlu menata toko baju Anda. Penataan barang dalam sebuah toko merupakan kunci kenyamanan seorang pembeli. Untuk penataan barang-barang dalam toko, Anda cukup pegang satu kata kunci; memudahkan. Penataan barang-barang harus membuat pelanggan mudah dalam mencari barang tersebut.

Secantik apapun Anda menata barang-barang toko, jika belum bisa memenuhi satu kata kunci diatas maka penataan tersebut belum bisa dikatakan berhasil. Sehingga diharapkan fokus kepada memudahkan pelanggan terlebih dahulu. Salah satu penataan yang dapat memudahkan konsumen ialah dengan menatanya sesuai jenis barang.

Bila sudah, maka Anda dapat naik ke penataan level berikutnya yaitu menyesuaikan warna dan model barang. Apabila Anda ingin memiliki desain interior toko baju yang menawan, membuat siapa saja yang memandang tidak ingin mengalihkan pandangannya, maka Anda perlu sampai ke penataan level ini.

3. Tata Letak Produk di Display Toko

Agar desain interior toko semakin menawan, perlu memang menata rupa produk-produk unggulan sedemikian rupa di display toko. Penataan display ini tidak boleh sembarangan. Display toko berfungsi sebagai cover toko, yang nantinya akan menjadi first impression atau kesan pertama bagi siapa saja yang melihatnya.

Produk yang tertata pada display ialah produk unggulan. Sumber: unsplash.com. Desain Interior Toko Baju
Produk yang tertata pada display ialah produk unggulan. Sumber: unsplash.com

Karena itulah tata letak produk yang akan dipampang pada rak-rak dalam display toko perlu direncanakan dengan matang. Untuk itu, kami sarankan agar proses penataan display toko dapat dilakukan oleh ahli dibidangnya, supaya display yang dihasilkan dapat optimal. Sehingga membuat para calon konsumen tertarik dan akhirnya beramai-ramai mengunjungi toko Anda.

4. Pencahayaan yang Optimal 

Desain interior tidak bisa lepas dari yang namanya pencahayaan. Sebuah interior yang baik pastinya memiliki pencahayaan yang baik. Karena itulah Anda perlu memperhatikan dengan seksama akan bagian pencahayaan ini. Untuk menghasilkan pencahayaan yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti asal pencahayaan dan tempat pencahayaan.

Setidaknya ada dua asal dari mana pencahayaan itu berasal, yaitu pencahayaan dari sinar matahari (alami) dan pencahayaan dari arus listrik (buatan). Untuk membuat pencahayaan yang baik Anda bisa mengoptimalkan pencahayaan alami terlebih dahulu, dengan memaksimalkan penggunaan jendela, ventilasi udara dan juga pintu. 

Pencahayaan alami tidak hanya menghasilkan cahaya yang natural, namun juga menciptakan toko yang selalu fresh, sejuk dan segar.

Namun apabila pencahayaan alami tidak bisa dilakukan, menggunakan pencahayaan buatan juga tidak mengapa. Pencahayaan buatan mengandalkan lampu dari listrik, sehingga penempatan lampu dan jumlah yang ada sangat menentukan terciptanya pencahayaan yang optimal. Anda perlu menempatkan lampu di tempat yang membuat barang-barang di toko terlihat berkilau indah.

Adapun pencahayaan dalam desain interior dapat dikatakan berhasil yaitu manakala pencahayaan tersebut dapat membuat produk yang dijual tampak lebih menarik dari aslinya. Jika belum sampai titik tersebut maka bisa dibilang pencahayaan yang ada pada toko belum optimal.

Pencahayaan yang baik menjadikan pakaian sederhana terasa lebih memesona. Sumber: unsplash.com. Desain Interior Toko Baju
Pencahayaan yang baik menjadikan pakaian sederhana terasa lebih memesona. Sumber: unsplash.com

5. Hiasi dengan Benda Unik

Salah satu hal yang tidak kalah penting dalam desain interior ialah elemen-elemen penghias. Elemen penghias ini sifatnya tambahan, karena bila tidak ada elemen penghias maka toko sebenarnya masih dapat beroperasi sediakala. Sehingga tanpa ada penghias sebenarnya tidak jadi masalah.

Hanya apabila tujuan Anda ialah memiliki toko dengan desain interior yang dapat memanjakan mata maka elemen penghias ini menjadi sebuah barang yang wajib ada. Anda bisa menyempurnakan desain interior toko baju Anda dengan menambahkan beberapa hiasan yang mendukung tema yang Anda angkat. Misalnya foto pemain sepak bola bagi tema sporty, atau lukisan mickey mouse bagi bertema childhood.

Perlu diingat, hiasan ini sifatnya pelengkap, sehingga tidak perlu banyak-banyak. Cukup empat-lima barang yang menarik, sesuai dengan tema, ditempatkan ditempat strategis, maka sudah bisa menyempurnakan desain interior yang ada.

Itulah 5 tips desain interior toko baju yang dapat kami sampaikan. Bagi Anda yang ingin mendesain interior ruangan Anda, Anda bisa menerapkan tips-tips ini secara langsung. Anda bisa juga membaca artikel kami lainnya tentang interior masjid dan cafe minimalis. Semoga bermanfaat, sampai jumpa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *